Akar Permasalahan Hutang (Part 7)

0
225

Bila semua kesenangan yang Allah titipkan justru membuat seseorang semakin jauh dari Allah dan melupakan segala perintah-perintahNya, maka jangan merasa aman, nyaman, tentram dengan hidup saat ini, seolah hidup penuh berkah. Waspada, mungkin itu istidraj!.

Dari Ubah bin Amir radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila Anda melihat Allah memberikan kenikmatan dunia kepada seorang hamba, sementara dia masih bergelimang dengan maksiat, maka itu hakikatnya adalah istidraj dari Allah.” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca firman Allah, “Tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” (QS. Al-An’am: 44). (HR. Ahmad, no.17349, Thabrani dalam Al-Kabir, no.913, )

Perhatikan pula hadist ini. Dari Anas ra., ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Jika Allah menghendaki kebaikan pada seorang hamba-Nya, Dia mempercepat hukuman di dunia, tetapi jika Allah menghendaki keburukan pada seorang hamba-Nya, Dia akan membiarkan orang itu dengan dosanya untuk kemudian dibalas pada hari kiamat”.

Jadi anda harusnya senang, dan tegak menatap masa depan, jika saat ini anda dalam masalah keuangan namun anda bisa mendekat pada Allah. Ini tanda Allah cinta anda. Tanda lainnya bahwa anda dicintai Allah adalah;

  • Allah membukakan hati anda dan mengisikannya dengan keyakinan dan kepercayaan yang kukuh bahwa atas semua masalah ini adalah karena takdirnya dan hanya kepada Allah semua bisa diselesaikan.
  • Allah memberi kefahaman terhadap agama Islam dan mampu menghayatinya sebagai salah satu cara hidup yang benar dan sempurna. Dengan masalah yang anda hadapi saat ini, InsyaAllah anda akan kembali kepadaNya dan belajar agama. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang Allah kehendaki kebaikan pada dirinya, pasti Allah menganugerahinya pemahaman dalam agama.” (Hadis Riwayat Bukhari, Muhammad bin Ismail. Sahih al-Bukhari, Dar Ibn Kathir, Beirut, 1987, jil. 1, hlm. 39, no. hadis : 71.)

Sekarang, terserah anda. Mau pilih mendekat kepada sang Pencipta atau semakin menjauh dariNya? Silahkan berfikir cerdas dan bijaksana.

Preventif  dari Jeratan Hutang

Berikut ini adalah langkah-langkah preventif bagi mereka yang belum terjerat hutang. Bisa juga digunakan oleh mereka yang terjerat hutang untuk memperbaiki perilaku keuangannya.

Tetapkan Standar Gaya Hidup

Gaya hidup harus ada standarnya. Tanpa menetapkan standar gaya hidup, pengeluaran keuangan tidak terarah. Pengeluaran bisa mengikuti besarnya penghasilan, bahkan bisa melebihi penghasilan alias defisit. Masih ingatkah ketika anda pertama kali mendapatkan penghasilan dengan gaji tertentu? Bagaimana gaya hidup anda saat itu? Tentu  gaya hidup anda sesuai dengan kondisi keuangan saat itu. Namun seiring peningkatan karir atau keberhasilan bisnis sehingga penghasilan meningkat, bagaimana gaya hidup anda sekarang? Dulu tidak memiliki mobil, anda masih bisa naik angkutan umum. Sekarang, setelah memiliki mobil pun masih tergiur mobil lebih bagus sehingga biaya transportasi meningkat. Begitu seterusnya…..

Pedoman yang paling baik dalam menentukan standar hidup adalah kesederhanaan. Tidak memaksakan diri. Tidak mengikuti gaya hidup orang lain. Anda adalah diri anda sendiri. Sebagai contoh bila anda seorang manager sebuah bank, tidak layak bila anda bergaya seperti direktur bank, meski mungkin Anda sering bertemu dengan direktur bank.

Pertanyaannya, seberapa murah biaya hidup anda? Semakin murah, tentu semakin bagus. Hiduplah dengan sederhana, tidak pelit tidak boros, yakni ditengah-tengah, hidup dibawah penghasilan yang dimiliki. Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian”. QS. Al-Furqaan : 67

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here