Banyak Bisnis Hanya Kelihatan Kaya, Hanya Kelihatan Sukses

0
1927

Berita-berita kebangkrutan perusahaan/bisnis akibat hutang (riba), selalu mengingatkan saya sembilan belas tahun lalu, saat saya mulai karir di bank BUMN, sebagai analis kredit. Saat saya menjadi trainee, saya di ajarkan langsung bagaimana menganalisa calon debitur. Analisa keuangannya, analisa karakternya, analisa jaminannya dan lainnya. Istilahnya analisa 5 C (Capacity, Capital, Collateral, Conditions, Character).

Saat itu, selalu yang menjadi ganjalan dalam hati saya adalah saat saya seringkali ‘mengarang’ atas hasil analisa keuangannya. Dari sekian banyak debitur lama yang saya analisa keuangannya dalam rangka perpajangan kredit, hampir semuanya tidak sesuai antara laporan keuangan dengan kondisi riil di lapangan. Selalu laporan keuangan yang ada lebih bagus, lebih besar nilainya dari yang ada di lapangan. Kondisi sebenarnya kadang memprihatinkan.
Saya bilang pada senior saya saat itu, “Mas, ini debitur kalau dari analisa saya pasti tidak layak untuk diperpanjang kreditnya. Kondisi keuangannya amburadul, bisnisnya menurun”.

Senior saya jawab,”Udah… bikin aja yang bagus untuk perpanjangan kreditnya. Yang penting selama ini dia lancar bayar bunga. Dia debitur sudah bertahun-tahun dan selama ini pembayaran bunga nya lancar tepat waktu”.
Sejak saat itu, dan selama saya bekerja di bank sebagai analis kredit (hampir 8 tahun), saya selalu merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Kenyataannya, memang begitulah sebagian besar kondisi debitur lama di bank tempat saya bekerja. Memang ada yang dengan kredit bank usahanya kelihatan membesar (berkembang), tapi tetap saja setiap tahun kredit bank nya minta nambah. Sementara, saat saya lalukan evaluasi/analisa sebagian besar tidak sesuai dengan kondisi riilnya.

Seringkali banyak perusahaan yang kelihatan hebat, kelihatan kaya, kelihatan maju. Tapi…………… itu hanya kelihatannya saja! Kondisi sebenarnya banyak yang memprihatinkan. Kondisi yang demikian ini, ternyata sebagian besar dialami oleh perusahaan perusahaan yang selalu menggunakan hutang bank sebagai modal utama untuk mengembangkan bisnisnya. Bisnis yang kelihatan maju dan besar itu, biasanya hanya menunggu waktu untuk kebangkrutannya saja.
“Allah memusnahkan riba, Allah menyuburkan sedekah” QS.2:270.

Anda kaya atau kelihatan kaya? Bisnis anda kelihatan maju atau maju beneran? Yuk.. jadi kaya dan maju beneran dengan baca Bebas Hutang Cara Taiichii www.buku.bebashutang.org

Wallahu a’lam..

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here