Belajar dari Mereka yang Bebas Hutang

0
70

Berikut ini kisah orang yang sukses keluar dari jeratan hutang. Kisah Ir. Heppy Trenggono, seorang pengusaha kelapa sawit dan consumer goods. (Kisah ini saya sarikan dari berbagai sumber, termasuk dari biografiku.com).

Ir. Heppy Trenggono, saat usahanya berkembang dengan pesat, ia mengajukan pinjaman (kredit) ke Bank Niaga,  ketika itu untuk membeli alat berat. Namun kemudian badai melanda bisnisnya. Ketika terlena dalam bisnisnya ia tidak dapat mengontrol dirinya sehinggga dia tidak mampu melunasi pinjaman sebesar Rp63 miliar.

Saat-saat itulah situasi paling berat yang dirasakan oleh Ir. Heppy Trenggono. Saat itu ia harus semua aset perusahaannya, meski ia tahu menjual aset perusahaannya tidak cukup melunasi hutangnya kepada bank. Saat itu uang simpanannya hanya Rp1 miliar. Ia kemudian mencicil sedikit demi sedikit pinjamannya dari uang tabungannya.

Bukannya mencari pinjaman lain untuk melunasi hutangnya dibank, ia malah menyumbangkan sebagian tabungannya kepada fakir miskin dan orang yang lebih membutuhkan. Langkah Heppy Trenggono ini membuat perpecahan di perusahaan yang kemudian banyak karyawannya memilih mundur.

Ia mencoba bangkit lagi. Langkah pertama yang ia lakukan untuk memperbaiki bisnisnya ialah dengan mengubah arah bisnis perusahaan. Perusahaan yang dulu bergerak dibidang kontraktor kelapa sawit ia ubah menjadi broker untuk perusahaan-perusahaan yang ingin bisnis kelapa sawit. Sedikit demi sedikit usahanya menampakkan hasil, sedikit demi sedikit ia mempunyai kebun kelapa sawit dan semakin membesar. Selain itu hutangnya yang ada di bank dapat ia lunasi hanya dalam tempo tiga tahun.

Kini perusahaanya makin berkembang, bukan hanya fokus pada bisnis kelapa sawit tapi juga merambah pada bisnis alat berat dan industri makanan dengan mendirikan perusahaan bernama Heppyfoods. Bisnisnya sekarang bernilai Rp7 Triliun rupiah. Ia memiliki 12 anak perusahaan dengan 3000 pegawai.

Sampai sekarang, ia masih sering memberikan sarapan kepada para kaum dhuafa atau fakir miskin dirumahnya di Jl. Mampang Prapatan. Ia percaya bahwa berbagi dengan sesama akan membawa manfaat yang berarti baginya. Tidak hanya itu diperusahaanya pun, ia menerapkan prinsip ‘inspiring and giving the world’ dan sering memberikan motivasi kepada para karyawannya, gaya kepemimpinan Heppy Trenggono pun menjadi teladan dan inspirasi bagi perusahaannya.

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here