Berani Berpikiran Positif

0
188

“Aku (Allah) sesuai prasangka hambaku pada-Ku dan Aku (Allah) bersamanya apabila ia memohon kepada-KU”

HR.Muslim

Berpikiran positif (positive thinking) dalam menghadapi masalah dan kehidupan ini sangat mudah dan tanpa biaya. Walau demikian tidak semua orang mau melakukannya dan lebih memilih berpikiran negatif (negative thinking). Berpikiran positif atau negatif sangat mempengaruhi arah dan tindakan kita. Berpikiran positif akan menimbulkan optimisme dan kerja keras, yakin BISA dan BERHASIL mengerjakan apapun. Sedangkan berpikiran negatif membuat kita selalu pesimis, menjadi loyo dan letoy!. Kosa-kata yang ada dalam pikiran hanya berisi kosa kata negatif seperti MARAH, GAGAL, SEDIH, BANGKRUT, TIPU, RUGI, dan lainnya.

Andrew Fletcher, seorang patriot hebat asal Skotlandia mengatakan bahwa kata-kata yang dimasukkan dalam pikiran akan mempengaruhi pemikiran kita, pemikiran mempengaruhi tindakan-tindakan dan tindakan – tindakan mengeluarkan hasil – sebagian baik, sebagian tidak begitu baik. Kata-kata dan pikiran positif, akan memberikan dampak luar biasa dalam mencapai tujuan karena akan memberikan arah dan fokus yang jelas.

“Tidak ada yang baik atau buruk, tetapi pikiranlah yang membuatnya demikian”

William Shakespeare, pujangga

Baca juga :

Jasa Pembuatan Saung Bambu dan Gazebo Beserta Harganya.

Kita yang saat ini menjadi pegawai, mari ingat-ingat fokus dan kosa kata kita ketika belum mendapatkan pekerjaan. Saya yakin kosa kata yang paling banyak kita gunakan ketika itu adalah PEKERJAAN, PEKERJAAN dan PEKERJAAN. Begitulah sampai kita mendapatkan pekerjaan seperti sekarang ini. Seandainya pada waktu itu kita memiliki banyak kosa-kata tentang PENGUSAHA, PENGUSAHA dan PENGUSAHA, saya yakin apapun yang kita lakukan saat itu adalah bagaimana menjadi pengusaha, bukan menjadi pegawai. Begitulah pentingnya kosa-kata. Jadi berhati-hatilah dengan kosa-kata atau kata-kata yang kita gunakan! Kosa kata akan membuat fokus dan gerakan kita.

“Jika kita terus melakukan apa yang sedang kita lakukan, kita akan terus mendapatkan apa yang kita dapatkan”.

Stephen Covey

Menurut Anthony Robbins (2002), fokus penting karena fokus akan mengendalikan bagaimana melihat dunia dan apa yang akan dikerjakan. Mungkin fokus akan mengendalikan perasaan. Selain itu, mulailah sejak sekarang juga untuk memiliki mimpi indah, menjadi apa pun yang diinginkan, karena akan menjadi semangat hidup ini. Membangun pikiran positif penting sekali dalam mewujudkan cita-cita, melalui kekuatan pikiran. Demikian juga apabila kita akan membangun usaha dan menjadi entrepreneur, menurut Johanes Arifin Wijaya (2003) harus membayangkan kegembiraan seperti ketika sedang dalam perjalanan tamasya.

Orang dalam perjalanan tamasya, biasanya merasa gembira dan selalu membayangkan kegembiraan di tempat tujuan, meskipun belum mengetahui apakah ditempat tujuan nanti cuaca baik atau buruk yang mungkin dapat mengganggu tamasya. Begitulah seharusnya orang hidup, selalu semangat, optimis serta bergembira. Selalu berusaha menghilangkan pikiran negatif dan mengembangkan pikiran positif agar hidup lebih bernilai.

“Kadang-kadang kita perlu menyadari bahwa pikiran-pikiran negatif tidak memiliki kuasa. Kita yang memberi kuasa kepadanya”

Kurt Goad

Bertolak belakang dari kebanyakan pandangan tentang pentingnya berpikiran positif dalam mencapai tujuan hidup, Chin Ning Chu, seorang penulis Amerika keturunan China dalam bukunya Thick Face Black Heart memberikan pandangan lain, bahwa sukses tidak memiliki peraturan tertentu. Sukses bisa dicapai oleh orang yang berjuang mati-matian maupun oleh orang yang hanya setengah hati berusaha. Chin-Ning Chu juga mengatakan bahwa sukses dapat diperoleh oleh mereka yang berpikiran positif maupun negatif, dan ia memberikan contoh tokoh terkenal seperti Mark Twain, yang memiliki pribadi pesimis dan skeptis sarkastik. Spancer Tracy (bintang film terkenal Amerika), merupakan contoh lain. Tracy adalah seorang pemurung dan selalu dihantui rasa bersalah.

Lalu bagaimana dengan sikap kita? Berpikiran positif menurut saya masih merupakan cara ampuh untuk meraih tujuan hidup. Di dunia ini selalu berlaku hukum rata-rata. Semakin banyak berbuat, semakin besar peluang mendapatkan hasil. Dengan demikian, semakin  banyak kita berpikiran positif dan berbuat, semakin kita berpeluang untuk mendapatkan yang kita inginkan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University membuktikan bahwa kesuksesan seseorang delapan puluh lima persen ditentukan oleh sikap dan lima belas persen sisanya ditentukan oleh ketrampilan dan intelektualitas. Sikap itu sendiri dibentuk oleh  pikiran. Dengan demikian pandangan Chin Nin Chu hanya merupakan sebagian kecil kasus, sehingga peluang sikap negatif untuk mencapai sukses juga relatif kecil. Jadi tetaplah berpandangan positif.

Masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Jasa Pembuatan Pagar Minimalis Beserta Harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here