Evaluasi Sumber Penghasilan Part 1 (Harta Kekayaan)

0
67

Selamat Pagi Sobat, berikut lanjutan dari bagian artikel sebelumnya ya silahkan di baca dengan seksama…… 🙂

Salah satu syarat mendapatkan keberkahan finansial adalah harta kekayaan harus diperoleh dengan cara yang benar. Untuk memastikan hal itu, kita harus melakukan evaluasi kembali atas sumber penghasilan. Tujuannya untuk mengetahui apakah penghasilan kita sudah sesuai syariah atau tidak. Selain itu untuk mengetahui apakah masih ada potensi sumber penghasilan yang bisa digali. Bila sudah tidak ada alias seluruh potensi sudah maksimal digunakan, maka pertanyaannya apakah hasil yang diperoleh sudah sebanding atau tidak dengan yang kita usahakan. Bila tidak, ada baiknya mempertimbangkan kembali strategi dalam mencari penghasilan. Atau mempertimbangkan cara – cara lain yang lebih cerdas. Sebab tidak mungkin mengharapkan hasil yang berbeda bila menggunakan cara yang sama berulang-ulang untuk masalah yang sama.

Bila kita bekerja sebagai pegawai, yang di evaluasi adalah apakah tempat kerja kita sudah memberikan gaji yang cukup adil? Bagaimana prospek pengembangan karir di masa depan? Bila tidak adil atau tidak ada pengembangan karir, adakah kemungkinan diperbaiki? Bila berbisnis, kita dapat mengevaluasi kekurangan – kekurangan agar bisnis menjadi maju dan penghasilan meningkat. Bila potensi belum dimanfaatkan secara optimal atau perusahaan tidak memberikan kesempatan yang memadai maka dapat melakukan hal-hal berikut :

  1. Meningkatkan kemampuan dan meningkatkan kinerja. Dengan demikian, suatu saat perusahaan akan memberikan penghargaan yang wajar atau kesempatan karir yang lebih baik. Bila tidak, maka kita percaya bahwa perusahaan lain yang akan memanfaatkan keahlian kita.
  2. Kerja sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Kerja sampingan ini bisa mengandalkan keahlian seperti menjadi Master of Ceremony (MC), mengajar bahasa, menjadi dosen dan sebagainya. Bisa juga dengan cara bekerja part time di perusahaan lain.
  3. Pindah pekerjaan yang memberikan peluang karir dan penghasilan yang lebih baik.
  4. Bergabung dengan pemasaran jaringan (multi level marketing / MLM). Sambil tetap bekerja kita dapat memanfaatkan waktu luang untuk merintis bisnis ini. Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar sangat terbuka pada bisnis ini. Buktinya banyak orang-orang kaya baru (OKB) berawal dari bisnis ini.
  5. Keluar pekerjaan dan merintis bisnis. Keputusan ini harus dipertimbangkan secara matang. Kalau pun harus keluar dari kerja, harus dipersiapkan dengan baik. Untuk mengetahui bagaimana persiapan dan bagaimana caranya orang gajian menjadi pengusaha, Anda dapat membaca buka saya, ’Cara Mudah Orang Gajian Menjadi Entrepreneur’ (MediaSukses, September 2005).

Eits.. masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Sumber gambar : Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here