Evaluasi Sumber Penghasilan Part 4 (Penghasilan)

0
174

Selamat Pagi Sobat, berikut lanjutan dari bagian artikel sebelumnya ya silahkan di baca dengan seksama…… 🙂

Selain alasan – alasan diatas, evaluasi sumber penghasilan juga dimaksudkan untuk menemukan penghasilan passive income (penghasilan yang diperoleh tanpa mengharuskan kerja atau usaha secara phisik terus menerus, seperti hasil investasi, sewa properti, royalti hak cipta, dan sebagainya. Menurut Robert T Kiyosaki dalam buku The Cashflow Quadrant, sumber penghasilan seseorang dapat dikelompokkan menjadi empat berikut ini :

E B
Employee Business Owner

 

S I
Self Employee Investor

 

Pada sisi kiri (E dan S), orang mendapatkan penghasilan dengan bekerja secara phisik. Bila tidak bekerja, mereka tidak memperoleh penghasilan. Mereka adalah karyawan perusahaan, dokter, konsultan, pemilik bisnis kecil dan lainnya. Sedangkan untuk sisi kuadran sebelah kanan, seseorang sudah dapat meninggalkan pekerjaan atau bisnisnya sewaktu – waktu tanpa kehilangan penghasilan.

Siapa pun yang ingin sumber penghasilannya ‘terjamin’, mau tidak mau, suka tidak suka harus memiliki beberapa sumber penghasilan (multiple income). Bagi seorang karyawan, sebaiknya menggali sumber lain. Demikian juga seorang businessman (pengusaha) harus melakukan diversifikasi (bermacam- macam) usaha agar tidak tergantung satu jenis usaha. Sayangnya, ada beberapa kesalahan persepsi sehingga orang ‘terjebak’ hanya pada satu penghasilan.

Kesalahan pertama, orang sudah merasa bekerja dengan waktu yang panjang dari pukul 8 pagi sampai 17 sore (bahkan untuk di kota besar, keluar dari rumah pukul 5 pagi dan sampai di rumah kembali pukul 21 malam), sehingga tidak ada kesempatan. Padahal untuk mendapatkan sumber penghasilan lain, tidak harus bekerja ditempat lain atau merintis bisnis sendiri. Kita bisa melakukan investasi yang tidak menuntut keterlibatan waktu secara penuh, seperti membuat rumah kos. Kita bisa juga memanfaatkan keahlian seperti menulis buku untuk mendapatkan royalti. Menjadi Master of Ceremony (MC), mengajar keahlian yang dimiliki pada hari Sabtu – Minggu, menjadi broker (calo) properti, mobil, dan lainnya.

Kesalahan kedua, orang sibuk mengembangkan sumber penghasilan lain tetapi sumber utamanya belum mapan. Akibatnya, pekerjaan (bisnis) utama tidak berkembang bahkan bisa berantakan, sementara sumber lain tidak berhasil. Hal ini seringkali menyebabkan putus asa sehingga tidak mau mencoba lagi. Lain halnya bila seseorang ingin meninggalkan pekerjaan utama karena sudah tidak sesuai dengan impian atau tidak cocok lagi bekerja, tindakan itu sah-sah saja. Asalkan sasaran yang ingin diperoleh lebih besar dan lebih baik.

Eits.. masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Sumber gambar : Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here