Bisakah Hidup Tanpa Hutang?

0
2029

Hutang sudah menjadi bagian dari mayoritas hidup manusia modern. Hidup adalah hutang. Barangkali itu yang ada dipikiran orang-orang yang mengakumodern di abad ini.

“Kalau tidak hutang tidak mungkin hidup layak, bisa punya mobil, rumah dan gaya hidup. Gaji saya kan tidak cukup untuk membeli tunai?” “Bagaimana mungkin bisa membeli rumah dengan penghasilan pas-pasan?”

“Tidak mungkin, mustahil orang hidup tanpa hutang. Itu (hidup tanpa hutang) hanya terjadi pada zaman bahaula (jaman dahulu kala).”

“Saya kepepet hutang karena harus membiayai anak istri yang kebutuhannya banyak”

“Bagaimana usaha tanpa hutang? Semakin besar bisnis kan semakin banyak hutang?”

Itu baru sebagian alasan atau pikiran orang-orang yang sempat saya rekam. Semua itu untuk menjustifikasi, mencari pembenaran bahwa hidup adalah hutang!

Benarkan demikian? Ternyata masih banyak lho orang yang hidup tanpa hutang dan dia bisa hidup sejahtera. Hidup tenang dan sejahtera

Demikian pula, saat ini banyak sekali kisah sedih dari orang-orang yang terjerat hutang. Orang tua, saudara, teman, tetangga kanan kiri kita, teman sekerjaan, dan yang terjauh adalah berita berita buruk di media, orang yang frustasi hingga melakukan kriminal akibat terjerat hutang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY