Hutang Miliaran, Simpel Penyelesaiannya

0
3606

Minggu lalu, saya bertemu dengan seseorang yang sedang bermasalah dengan hutang. Dia cerita pada saya, bahwa kondisinya saat ini lagi berat sekali karena harus bayar KPR Rp1,1Miliar. Sementara, sejak 6  bulan lalu dia tidak bekerja karena perusahaannya merumahkan dia. Pada saat yang sama, orang tuanya sedang sakit keras dan butuh biaya besar. Dia nanya pada saya, bagaimana solusinya?

Sebelum saya memberikan pandangan saya, saya tanya kepada dia. Sejak kapan dia ambil KPR?  Sejak 5 tahun lalu, katanya. Kemudian bercerita, bahwa dia sebelumnya tinggal di Depok. Lima tahun lalu, saat ia masih punya penghasilan tinggi, ia beli rumah di Jakarta Selatan untuk mendekati rumah orangtuanya. Harga rumah saat itu Rp1,5 M. Dia ambil KPR Rp1,3 M.

Mendengar cerita itu saya dengan enteng katakan, jual aja rumahnya…. selesai! Lho kok? Gampang amat solusinya… emang simpel. Yang rumit justru masalah gengsi, masalah meninggalkan comfort zone.  Move on nya yang berat. Ya, bayangin selama ini tinggal di rumah mewah, kemudian harus meninggalkan rumah itu. Tapi, menurut saya, dengan menjual rumah itu, masalah akan selesai. Harga rumah sekitar Rp3 miliar, bayar KPR Rp1,2 M. Maka masih ada sisa nya Rp1,8 miliar untuk beli rumah dan memulai  bisnis. Simpelkan? Tapi yang rumit menyelesaikan masalah gengsi dan perasaan.

Jadi, masalah hutang itu semakin sulit jika kita tidak menerima/ikhlas pasrah. Perhatikan, kalo masih ngeyel ingin mempertahankan rumahnya. Tiap bulan harus susah payah, pusing tujuh keliling bayar hutang. Lebih bahaya lagi kalo untuk bayar angsuran itu dengan cara gali lubang tutup lubang…

Mau tahu lebih detail cara Bebas Hutang Cara Taiichii? Klik disini…

By. Safak muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here