Jenis-Jenis Hutang

0
121

Hutang Investasi

Hutang investasi biasanya digunakan untuk membeli alat-alat investasi. Biasanya ini dilakukan pengusaha. Misalnya untuk membeli mesin produksi, pabrik, ruko, mobil operasional dan lainnya. Seseorang dapat terjerat hutang investasi karena salah perhitungan bisnis. Hal ini wajar-wajar saja, karena bisnis bisa untung bisa buntung. Menjadi tidak wajar kalau penggunaan hutang tidak dilakukan dengan persiapan yang baik, tapi hanya berspekulasi.

Hutang Modal kerja

Hutang modal kerja digunakan untuk menambah modal kerja usaha. Biasanya bank memberikan pinjaman ini untuk menambah modal kerja. Bukan untuk modal kerja baru (baru memulai usaha). Pinjaman ini bisa dari bank maupun dari perorangan, badan usaha keuangan lainnya sampai rentenir. Sama seperti hutang investasi, sesorang juga bisa terjerat hutang ini karena salah perhitungan bisnis. Masih wajar. Tidak ada kepastian dalam bisnis, kecuali dengan perhitungan jeli dan matang.

Menjadi tidak wajar kalau penggunaan hutang ini tidak dilakukan dengan persiapan yang baik, tapi mengandalkan spekulasi. Menjadi tidak wajar apabila seseorang mendapatkan hutang modal kerja tetapi digunakan untuk keperluan pribadi. Kalau ini yang terjadi ujung-ujungnya pasti macet, dan seseorang jatuh dalam kubangan hutang.

Hutang Kepepet

Dalam istilah perbankan, tidak ada yang namanya hutang kepepet J. Ini istilah saya sendiri, untuk menggambarkan bahwa ada hutang yang terjadi karena terpaksa. Banyak orang terpaksa berhutang karena terpaksa alias kepepet. Sebenarnya dia tidak ingin berhutang. Tapi karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi, dia harus berhutang. Misalnya untuk membayar persalinan cesar. Padahal sejak awal dananya tidak dipersiapkan untuk melahirkan cesar. Pinjaman untuk berobat, hutang untuk bayar anak sekolah juga masuk dalam kategori hutang kepepet. Kalau pun ini yang terjadi, dan orang terjerat dalam hutang ini, maka kesalahan tidak sepenuhnya pada yang ­ngutang.

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here