Kaya adalah Pilihan Part 3

0
112

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Dan janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin. Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahanam. Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. Kemudian kamu pasti akan ditanyai tentang kenikmatan (yang kamu megah – megahkan di dunia itu)”.

Q.S At – Takaatsur (102) : 1 – 8

Bahkan karena kesempurnaan Islam, Allah melarang beramal dengan cara yang berlebih– lebihan. Mari perhatikan ayat berikut.

“Dan orang – orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah – tengah antara yang demikian”

Q.S Al – Furqaan (25) : 67

Inilah yang sangat membedakan antara hidup kaya dengan hidup dalam kemewahan. Orang kaya belum tentu hidup mewah, demikian juga orang miskin belum tentu hidup dengan kemiskinannya. Bisa saja orang miskin hidup dalam kemewahan karena selalu membelanjakan uangnya diatas kemampuan, gali lubang tutup lubang. Hutang sana-hutang sini!.

Kita bisa memilih akan dibawah kemana hidup ini. Kita memang boleh menyukai apa yang akan dikerjakan, tetapi harus ingat bahwa memilih sesuatu, menyukai sesuatu, semuanya harus dengan wajar. Janganlah kita memiliki sikap berlebihan, karena Allah berfirman :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Q.S Al – Baqarah (2) : 216

Ini adalah indikasi bahwa sekuat apapun keinginan untuk menjadi dan memiliki sesuatu, akhirnya Allah juga yang menentukan. Allah yang mengetahui apakah itu baik atau tidak buat kita. Oleh karena itu apapun putusan-Nya harus diterima, pasrah dan tawakkal (berserah diri).

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here