Kebutuhan Hutang dan Kredit

0
104

Apa bedanya hutang dan kredit? Hutang adalah sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha yang meminjam disebut debitur. Entitas yang memberikan hutang disebut kreditur. Ini definisi yang saya ambil dari Wikipedia.

Masih menurut Wikipedia, Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan. UU No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Jika seseorang menggunakan jasa kredit, maka ia akan dikenakan bunga tagihan.

Antara hutang dan kredit sebenarnya hampir sama. Bedanya tipis, kalau hutang belum tentu ada perjanjian penambahan bunga, tapi kalau kredit pasti ada perjanjian penambahan bunga pinjaman dan bayarnya mengangsur atau mencicil.  Kalau kredit, biasanya ingatan orang langsung ke angsuran atau cicilan. Tapi kalau hutang bayarnya sekaligus lunas atau diangsur. Dalam bahasan buku ini ini saya lebih suka menggunakan kata hutang daripada kredit.

Orang berhutang, khususnya karyawan, biasanya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup yang tidak terpenuhi secara tunai. Dengan kata lain, orang ingin secara cepat memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidupnya. Dengan cara hutang maupun membayar secara kredit, orang dapat membeli mobil meski uangnya hanya cukup membayar uang muka (DP). Orang bisa membeli HP terbaru meski uangnya hanya cukup untuk membeli pulsanya saja. Orang berhutang disebabkan oleh aneka kebutuhan konsumtif, investasi, modal kerja usaha, membeli gengsi dan hutang karena terpaksa, alias kepepet.

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here