Pengaruh Hutang Terhadap Kesehatan

0
1273

Passionmagz.com. –  Banyak orang yang berhutang dikarenakan beberapa sebab, seperti terhimpit kondisi keuangannya, kehabisan perbekalan dan lain-lain. Berutang adalah cara instan agar kebutuhan yang sedang mendesak bisa segera tercukupi.

Namun ada kalanya seseorang malah terjebak dengan aktivitas ini. Mereka menjadikan utang layaknya hobi dan akhirnya utang menumpuk dan kesehatan pun ikut menurun.

Ternyata Banyaknya utang memiliki pengaruh signifikan bagi kesehatan. Seperti dilansir Detik, gara-gara utang, seseorang bisa terjebak dengan berbagai gangguan pada tubuh. Seperti ini misalnya:

Pegal – pegal

Jika sering merasa pegal-pegal badan dan itu seiring dengan menumpuknya beban utang, keduanya mungkin saling berhubungan. Studi yang dilakukan menemukan bahwa 44 persen orang yang kedapatan punya hutang banyak kerap mengalami nyeri di berbagai tubuh. Misalnya nyeri leher dan punggung, pegal, masalah pencernaan, dan sakit kepala. Mereka pun rentan terkena serangan jantung.

Meningkatkan tekanan darah

Utang berpengaruh pada tekanan darah menurut studi yang dilakukan Universitas Nothwestern. Studi tersebut menyatakan orang dengan utang besar gampang sakit dan tekanan darahnya cukup tinggi. Ini dapat dapat pula dialami orang yang sehat sebelumnya.

Lebih sering sakit

Utang membuat kekebalan tubuh menurun, sehingga orang menjadi gampang sakit. Utang menyebabkan stres dan selalu mengkhawatirkan kondisi keuangannya. Dia kerap terbangun di tengah malam dalam kondisi mood yang buruk. Akibatnya, perlahan sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Mudah cemas

Ternyata orang yang punya utang tidak bisa lepas dari rasa cemas. Ini dialami siapa pun yang memiliki utang. Semakin besar utang, kecemasan pun akan semakin meningkat.

Berisiko mengalami depresi

Studi yang dilakukan di Universitas Rutgers menemukan, gejala depresi terlihat pada mereka yang berhutang banyak di usia 51 tahun ke atas. Namun depresi dapat pula menghinggapi mereka yang usianya lebih muda saat punya utang banyak.

Itulah tadi beberapa pengaruh signifikan karena memiliki hutang bagi kesehatan tubuh, semoga artikel di atas dapat bermanfaat

sumber : Passion.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY