Raihlah Akhiratnya, Dapatkan Uangnya Part 4 (Bertaubat)

0
46

Selamat Pagi Sobat, berikut lanjutan dari bagian artikel sebelumnya ya silahkan di baca dengan seksama…… 🙂

Bertaubat

Taubat adalah menyesali segala perbuatan salah (dosa) yang pernah dilakukan kepada Allah, kemudian memohon ampunan-Nya serta berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan salah (dosa). Kemudian memperbanyak mengucap Astaghfirullah. Gampang kan, untuk bertaubat? Agar taubat bisa berpengaruh atau bahasa gaulnya ngefek pada kehidupan, maka harus dilakukan dengan cara (1) tulus ikhlas hanya mengharap ridla Allah, bukan dengan motif – motif lain (2) langsung menghentikan perbuatan dosa (salah), segera! (3) niat tulus dan kuat untuk tidak mengulangi kembali

  • merasa sangat menyesal dan merasa sangat berdosa (5) memohon ampunan baik dengan kata-kata maupun dengan perbuatan (6) jika perbuatan dosa dilakukan karena menyinggung atau menyakiti orang lain harus meminta maaf kepada orang tersebut. Kalau mengambil barangnya, kembalikan. Kalau memfitnah, kembalikan nama baiknya, dan sebagainya. Pokoknya, ikuti perbuatan taubat dengan perbuatan baik.

Bagaimana taubat bisa menambah kekayaan di dunia? Allah berfirman dan nabi pun bersabda :

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak – anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun serta mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”.

Q.S Nuh (71) : 10 -12

“Barangsiapa senantiasa memohon ampun, Allah akan membuatkan untuknya, untuk setiap duka cita sebuah kebahagiaan dan untuk setiap situasi yang sulit sebuah jalan keluar, dan Dia akan menambahnya dengan makanan dari tempat yang tiada ia sangka – sangka datangnya”.

HR Abu Daud dan Ahmad

Agak sulit saya memberikan uraian rasional bagaimana taubat bisa menjadi sarana hidup berkecukupan bahkan kaya. Tetapi apa yang disampaikan Allah dalam Qur’an adalah janji yang pasti ditepati. Meski demikian saya mencoba memberikan uraian berikut : hakikat taubat adalah menyadari kesalahan. Dengan menyadari kesalahan dan kembali pada kebenaran (Allah), orang akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan menggantikan dengan perbuatan lebih baik. Bila langkah ini juga diimplementasikan pada seluruh aspek kehidupan seperti bekerja di kantor, hasilnya adalah profesionalisme. Bila berbisnis hasilnya adalah kesuksesan karena ada proses pembelajaran terus menerus. Selain itu, kita bisa menyaksikan orang-orang yang memiliki masa lalu kurang baik dan dengan pertobatannya mereka menjadi hidup lebih baik dan berkecukupan. Nama seperti Ustadz Jefry Al Buchary barangkali dapat dijadikan rujukan. Masih banyak lagi orang-orang yang bertaubat dan hidupnya lebih baik tetapi tidak terekam oleh media masa.

Eits.. masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Sumber gambar : Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here