Rencana Keuangan 1000 Tahun Part 7 (Evaluasi dan Penyesuaian)

0
61

Selamat Pagi Sobat, berikut lanjutan dari bagian artikel sebelumnya ya silahkan di baca dengan seksama…… 🙂

Setelah melakukan penyesuaian dan menata ulang sesuai tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi rutin enam bulan atau setahun sekali. Tujuan evaluasi ini untuk mengetahui apakah rencana keuangan yang dibuat masih sesuai dengan kondisi yang ada ataukah sudah tidak sesuai lagi. Kondisi itu bisa berupa kondisi yang melebihi harapan (sangat baik) atau bisa juga jauh dari harapan.

Bila yang terjadi adalah kondisi sangat baik, langkah yang dilakukan adalah mempertanyakan pada diri sendiri apakah tujuan keuangan yang dibuat pada tahun lalu terlalu rendah ataukah memang ada hal-hal (rejeki) yang tanpa disangka-sangka. Bila terlalu rendah targetnya, kita harus meningkatkan kembali. Sebaliknya bila kondisinya jauh dari target keuangan, harus dicari sebab – sebabnya. Apakah kita sudah konsisten dengan apa yang diinginkan? Apakah kita terlalu tinggi menetapkan target keuangan? Apakah ada kejadian diluar kemampuan seperti musibah? Masih banyak pertanyaan yang harus dicari jawabnya!

Nah, setelah ketemu jawabnya, kita harus membuat kembali rencana keuangan yang telah disesuaikan yang mendekati realitas keuangan.

Eits.. masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Sumber gambar : Google

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here