Rezeki Anda Seret? Mungkin Ini Sebabnya (1)

0
2221

Barangkali sikap dan balasan kita kepada orang tua seperti dibawah ini yang membuat rezeki kita tersumbat. Tulisan ini saya sarikan dari Buku 7 Keajaiban Rezeki, Ippho Santoso.

Mari kita merenung atas balasan yang telah kita berikan kepada orang tua kita sepanjang hidup ini :

·         Saat kita bayi, orang tua memandikan dan merawat kita. Kita membalasnya dengan menangis di malam hari, mengganggu istirahatnya.

·         Saat kita balita (dibawah umur 5 tahun),

o   Orang tua mengajari berjalan, kita malah berlari-lari tidak menghiraukan saat dipanggil.

o   Orang tua bersusah payah memberi makan, kita malahmemuntahkannya karena tidak mau makan

o   Orang tua mengajari menggambar dan menulis. Kita membalasnya dengan merobek-robek bukunya. Mencorat-coret dinding rumah.

o   Orang tua membelikan mainan bagus. Kita membalasnya dengan merusak dan membanting-banting mainan.

o   Kita merengek-rengek terus minta sesuatu, orang tua memberinya. Namun sebagai balasan, kita mengabaikan sesuatu yang sudah diberikan kepada kita.

·         Saat kita memasuki sekolah SD,

o   Orang tua membayar mahal uang sekolah dan les privat kita. Sebagai balasan, kita malas-malasan belajar.

o   Orang tua mengantar dan memeluk kita di pintu gerbang sekolah, kita malah bilang, “Ayah, Mama, aku udah gede, malu dipeluk-peluk”. Padahal orang tua kita begitu sayangnya kepada kita

o   Orang tua mengantarkan kita nonton di bioskop bersama teman-teman kita. Sebagai balasan, kita malah meminta orang tua duduk di barisan lain, terpisah dari kita dan teman-teman kita

o   Orangtua membayar biaya ekstra kulikuer (kemah, pramuka, karate) dan biaya liburan. Sebagai balasan, kita malah tidak memberinya kabar saat diluar rumah. Hingga orang tua cemas dan mengkhawatirkan kita.

·         Saat kita sekolah SMP,

o   Orang tua memilihkan sekolah terbaik dengan biaya yang tinggi. Sebagai balasan kita tidak mau berangkat naik angkot, minta diantar sopir.

o   Orang tua pulang kerja dan ingin memeluk kita. Sebagai balasan, kita malah menolak dan mengeluh, “Papa, mama, aku sudah besar”

o   Orang tua mengantarkan acara perpisahan sekolah sampai larut malam. Sebagai balasan, kita melarangnya mereka …….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here