Risiko Gangguan Mental Bagi Orang Berhutang

0
273

Ngomong-ngomong  soal hutang, percaya atau tidak, orang-orang yang berhutang memiliki peningkatan risiko hipertensi sebesar 17% dan risiko stroke sebesar 15%. Penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang jelas antara kesehatan keuangan anda dan kesehatan mental anda. Sebuah tim peneliti dari University of Southampton menguji tentang hubungan antara hutang dan kesehatan mental.

  • Orang yang berhutang tiga kali lebih mungkin memiliki masalah kesehatan mental dibandingkan orang-orang yang stabil secara finansial. Depresi, gangguan kecemasan dan gangguan psikotik adalah beberapa masalah kesehatan mental yang dihadapi orang yang sering berhutang.
  • Orang yang berhutang lebih mungkin untuk berjuang dengan kecanduan. Para peneliti menemukan bahwa alkohol dan ketergantungan obat lebih umum terjadi di antara orang-orang yang berhutang. Anehnya, mereka tidak menemukan hubungan antara utang dan merokok.
  • Hutang merupakan penyebab utama bunuh diri. Para peneliti menemukan bahwa delapan dari 10 orang yang bunuh diri cenderung memiliki banyak hutang.(sumber : jpnn/els).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here