Semakin Banyak Berbagi, Semakin Banyak Menerima Part 4 (Keputusan & Konsisten)

0
119

Selamat Pagi Sobat, berikut lanjutan dari bagian artikel sebelumnya ya silahkan di baca dengan seksama…… 🙂

Dalam buku Think and Grow Rich tulisan Napoleon Hill disebutkan bahwa dari analisis lebih dari 25 ribu orang laki – laki dan perempuan yang berpengalaman (pernah) gagal, terungkap fakta bahwa keterlambatan dalam pengambilan keputusan merupakan penyebab terbesar kegagalan mereka. Sementara itu, hasil survei dari ratusan orang yang memiliki kekayaan milyaran dollar menunjukkan bahwa mereka memiliki kebiasaan mengambil keputusan secara cepat dan sulit mengubah keputusan yang pernah dibuatnya.

Orang – orang yang gagal mengakumulasikan kekayaan – tanpa terkecuali – karena mereka memiliki kebiasaan mengambil keputusan secara lambat dan mudah berubah – ubah dengan keputusannya. Mayoritas orang yang gagal mengakumulasikan kekayaan juga karena mereka mudah dipengaruhi oleh pendapat lain. Mereka mengijinkan koran, majalah dan media lain serta gosip-gosip murahan mempengaruhi jalan pikirannya. Padahal pendapat umum biasanya lebih banyak merugikan dan menurunkan kemauan serta keputusan yang telah dibuat. Oleh karena itu, jika ingin sukses, maka yakini apa yang sudah menjadi keyakinan dan keputusan serta selalu konsultasikan dengan kelompok – kelompok diskusi atau orang – orang yang dianggap sebagai pembimbing atau mentor.

Jadi yang menentukan apakah seseorang dapat meraih kekayaan berlimpah penuh keberkahan atau tidak, modal awalnya hanya pada keinginan dan keputusan. Apakah kita memutuskan untuk memilih hidup seperti itu atau tidak. Memutuskan saat ini juga atau masih menunggu beberapa tahun kemudian. Bila keputusan dibuat sejak dini, Insya Allah kita tidak menyesal dikemudian hari. Sebaliknya bila kita menunda – nunda membuat keputusan untuk masa depan, terlalu besar ongkos yang harus kita bayar di kemudian hari. Modal utama hidup ini hanya WAKTU, sehingga waktu ini sangat berharga bagi kita. Sayangnya kita kurang memahami hal ini. Bayangkan saja, waktu 1 detik pun bagi seorang atlit seperti pembalap, perenang, pelari sangat- sangat berharga karena menentukan menang atau tidak.

Hidup ini pilihan, dan pilihan itu ditentukan ketepatan dan kecepatan dalam mengambil keputusan. Setelah keputusan diambil, maka untuk mewujudkannya butuh sikap konsisten, tekun dan terus – menerus mengarahkan tindakan kearah itu. Tanpa itu, nothing! alias tidak ada artinya sama sekali. Kita juga akan kesulitan mewujudkan cita-cita atau tujuan hidup bila tujuannya berubah – ubah. Banyak orang secara tidak sadar atau secara sadar mengganti tujuan – tujuan hidupnya. Suatu saat ingin menjadi bankir sukses, berubah ingin menjadi pengusaha restoran. Selang beberapa lama, berubah lagi ingin menjadi pengusaha garmen yang sukses. Jika demikian kondisinya, maka jangan pernah berharap kita dapat mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup ini. Hidup ini perlu konsistensi! Kalau mengenai cara meraihnya, boleh berubah-ubah strateginya, asal tujuan tetap sama. Kalau dalam bahasa orang – orang politik, “Tidak ada lawan abadi, yang ada kepentingan abadi!”.

Keputusan yang bisa berhasil juga karena dilandasi dengan keyakinan yang tepat dan kuat. Bila keyakinan tidak tepat dan kuat akan sia-sia juga. Sebagai contoh ketika kita sudah mengambil keputusan untuk berbisnis namun keyakinan kita masih ‘setengah-setengah’ , hasilnya pun akan setengah – setengah karena langkahnya setengah-setengah!. Ketika orang memiliki keyakinan berhasil, dia pasti berhasil, karena orang tersebut akan berjuang lebih keras. Meski tidak sedikit biaya yang harus dibayar untuk mempertahankan sebuah keputusan dan keyakinan. Bila dalam usahanya meraih tujuan mengalami kegagalan, dia akan bangun lagi, bangun lagi, dan bangun lagi sampai berhasil. Dia tidak mudah mengubah keyakinannya sampai benar-benar berhasil. Berbeda dengan orang yang tidak yakin, begitu kegagalan pertama, langsung berhenti berusaha. Maka selesailah sudah, tidak ada sukses yang bakal menghampiri dia.

Wallahu a’lam bishawaab.

Eits.. masih ada lanjutan artikel nya loh…. Coming Soon 🙂

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii

Sumber gambar : Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here