Solusi Pinjaman Tanpa Riba dengan Modal Taiichii

0
14119

Silaturahim membuka pintu rejeki. Setuju kan?

Bener banget, orang yang setiap hari bertemu dengan banyak orang, kemana-mana punya teman, dan pas butuh gampang banget karena banyak yang membantu. Beda dengan orang yang setiap harinya nongkrong di kamar aja, gak gaul.. Sekali punya masalah, kelimpungan gak kenal siapa-siapa, stress dan mengurung diri..

Banyak yang tanya solusinya apa kalau pinjam bank riba nggak boleh? Ini salah satu solusinya yakni pinjaman tanpa riba Modal Taiichii. Berikut langkah-langkahnya,
1. Yuk, cari 10 orang yang kita percaya, kita kenal dengan baik dan memiliki integritas serta karakter bagus. Jangan main comot anggota, tapi cari anggota yang memiliki visi dan misi yang sama. Usahakan pilih anggota yang tinggal di satu kota agar mudah dan inten pertemuannya.

2. Beri nama kumpulan sesuai kesepakatan. Misalnya Kelompok Modal TAIICHII (MODAL TAIICHII).

3. Buat group WA atau Telegram untuk ‘nongkrong’ online, diskusi/sharing bisnis. Kalau mau kumpul di rumah salah satu anggota, biarkan tuan rumah yang menjamu, Tapi kalau kumpul di warung atau resto, BDD saja, bayar dewe-dewe (bayar sendiri-sendiri :). Biasakan mandiri dan gak cari gratisan!

4. Pilih ketua, sekretaris, dan bendahara untuk masa kepengurusan 1, 2 atau 3 tahun sekali.

5. Buka rekening bersama yang bisa diakses semua anggota, misalnya pake internet banking yang user ID dan passwordnya diketahui semua anggota.

6. Kesepakatan simpanan wajib misal Rp200 ribu, Rp500 ribu, atau Rp1 juta. Semakin besar semakin bagus, asal tidak memberatkan anggota lainnya.

7. Buat aturan main, hanya anggota MODAL TAIICHII yang boleh meminjam. Kebutuhan modal hanya untuk modal usaha jangka pendek. Modal tidak boleh digunakan untuk konsumtif, misalnya beli mobil, beli motor, HP, dan sejenisnya. Modal juga tidak boleh untuk investasi jangka panjang misalnya membeli tanah/ruko.

8. Pinjaman Modal Jangka Pendek diberikan kepada anggota untuk modal bisnis dalam waktu maksimal 12 bulan. Akadnya tanpa bunga atau bisa juga bagi hasil (pinjam Rp10 juta dalam sebulan dikembalikan Rp10 juta), atau dengan meminjam modal akad bagi hasil 30-40% dari total keuntungan. Misal ada anggota minjam modal Rp10 juta untuk mengerjakan proyek, dalam waktu 3 bulan untung Rp5 juta. Maka keuntungan diberikan kepada MODAL TAIICHII Rp1,5 – 2 juta.

Kalau untuk pinjaman darurat, misalnya anak sakit atau darurat lainnya, tidak ada bunga atau tidak ada bagi hasil. Bisa juga pinjaman darurat disisihkan dari uang hasil usaha mudharobah yang dikumpulkan, dan diberikan sebagian sebagai santunan.

Kalau rugi?
Jika rugi bukan karena kelalaian pengguna modal, maka dana dianggap kerugian dan ditanggung bersama semua anggota. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil penelitian dan bukti di lapangan bahwa benar rugi bukan karena kelalaian.
Jika rugi karena kelalaian pengguna modal, modal harus dikembalikan secara bertahap tanpa bunga, tanpa denda, tanpa provisi, tanpa pinalti.

Ini harus disepakati bersama, peminjam pun wajib berkomitmen agar usahanya bener-bener dikelola dengan baik agar tidak merugi. Proposalnya harus jelas dengan perhitungan yang matang untuk didiskusikan di group MODAL TAIICHII. Dengan demikian tidak ada anggota yang tidak bertanggung jawab/seenaknya karena kalau rugi tidak bayar.

9. Jika seluruh anggota berkomitmen dan tertib menabung Rp500 ribu misalnya, maka dalam setahun terkumpul Rp60 juta, Kalau iuran Rp1 juta per bulan per anggota dapat Rp120 juta. Kalau Rp2 juta terkumpul Rp240 juta. Makin lama makin banyak dana yang tersimpan. Dalam waktu 5 tahun bisa milyaran.

10. Bayangkan, jika disatu kota ada puluhan, ratusan bahkan ribuan MODAL TAIICHII yang saling bantu, saling mendoakan.. wow keren! InsyaAllah bisa mengurangi orang terjerumus pinjaman riba.

11. Konsisten saja dengan anggota 10 orang, agar tidak ribet dalam pengelolaannya. Tapi jika ada anggota yang terlihat tidak komit, maka atas kesepakatan bersama anggota tersebut bisa ditawarkan untuk mengundurkan diri. Kembalikan semua uangnya 100 % tanpa bunga, denda atau potongan.

12. Buat pula kesepakatan misalnya 10% dari dana yang terkumpul setiap tahunnya disedekahkan untuk modal kerja duafa, bisa juga untuk anak-anak panti asuhan dibuatkan usaha, agar MODAL TAIICHII punya manfaat bagi masyarakat.

Berani mencoba MODAL TAIICHII?
Oya, yang belum tahu TAIICHII itu apa, silahkan baca bukunya “Bebas Hutang Cara Taiichii” atau bisa juga Tanya-tanya teman anda yang sudah membacanya.

Mulai sekarang berburu anggota, hati-hati, dan selektif. Cermati latar belakangnya, datangi tempat usahanya, ngobrol yang inten tentang visi misi hidupnya. Jelaskan aturan mainnya, dan diskusikan.

Selalu berdoa, bersedekah dimuka, dan minta pada Allah dipertemukan dengan orang-orang yang tepat agar bisa maju bersama di MODAL TAIICHII

Aturan tambahan dan perubahan silahkan disesuaikan dengan kesepakatan anggota, silahkan dikembangkan sendiri dengan kelompoknya agar makin lengkap dan memenuhi keinginan semua anggota.

Semoga setahun lagi atau 5 tahun lagi sudah banyak Kelompok MODAL TAIICHII yang berdiri di berbagai wilayah Indonesia. Kalau nggak mau pake nama MODAL TAIICHII juga boleh, silahkan! Yang penting bisa eksis bersama semua anggota.

Selamat mencoba, semoga Allah meridloi.

bantu share ya, moga jadi solusi teman, saudara dan sahabat anda :)

ilustrasi : google

didukung penuh buku.bebashutang.org

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY