Stop Hutang! Stop Gali Lubang Tutup Lubang, Apalagi Gali Lubang Tutup Empang 

0
51

Saat hutang sudah menumpuk, jangan tambah beban dengan pinjaman baru untuk menutup hutang lama. Istilahnya, gali lubang tutup lubang. Kalau saya memiliki istilah gali lubang tutup empang (kolam) J. Ya, bagaimana mungkin anda menyelesaikan hutang dengan mencari hutang baru? Apalagi kalau yang ditutup (dilunasi) adalah hutang yang besar, tidak akan menyelesaikan masalah sesungguhnya. Cara itu hanya mengulur-ngulur waktu dalam menyelesaikan hutang. Seperti menyimpan bom waktu yang suatu saat bisa meletus. Bahkan bom waktu yang disimpan, letusannya semakin membahayakan. Karena itu, stop berhutang! Tidak ada jalan lain, stop berhutang!  Nah, inilah yang menjadi aturan #5 kalau anda ingin bebas hutang.

Aturan #6

Stop Hutang! Stop Gali Lubang Tutup Lubang,

Apalagi ‘Gali Lubang Tutup Empang’ J

 Biarkan Kredit Macet

 Bila anda tidak mampu membayar pinjaman (hutang), sekalian macetkan saja, sementara jangan dibayar. Jangan pusingkan reputasi anda dalam catatan Bank Indonesia (BI checking). Biarin dicatat sebagai debitur macet, nggak masalah. Pilihan ini tentu lebih baik daripada anda terus memaksakan diri membayar dengan pinjaman baru (gali lubang tutup lubang). Kalau kredit anda benar-benar macet, bank akan membuka diri untuk negosiasi mencari solusi, win-win solution. Bank tidak mau uangnya tak terbayar sama sekali. Makanya dia membantu anda supaya uangnya kembali.

Dengan membiarkan kredit macet, anda bisa fokus menyelamatkan bisnis. Anda harus menjaga bisnis tetap jalan, cashflow perusahaan harus positif.  Kalau bisnisnya sudah mandeg?  Fokus bikin bisnis lain. Bagi karyawan, bisa fokus ke pekerjaan. “Bisa marah dong bank. Debt collector ngejar-ngejar?” Perlu negosiasi dengan bank dan meyakinkan petugas bank bahwa anda serius membayar hutang. Bagaimana caranya? Silahkan baca bab selanjutnya.

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here