Tetap Semangat, Anda Tidak Sendirian….

0
214

Banyak orang yang terjerat hutang akhirnya terpuruk, dan putus asa. Akibatnya, hutang tidak terselesaikan, masalah baru muncul lagi. Karena itu, tetap semangat dan jangan terpuruk. Apa rahasianya supaya tidak terpuruk? Hadapi saja dengan semangat dan jangan terpuruk! Sesimpel itu. Sebenarnya, keterpurukan itu bukan karena besar kecilnya hutang. Keterpurukan adalah masalah mental. Ada orang punya hutang Rp5 juta, terpuruk dan putus asa. Ada pula orang punya hutang bermasalah (macet) Rp50 miliar, masih bisa tersenyum dan tetap semangat.

Anda punya banyak teman, sama-sama punya hutang. Banyak orang hutangnya lebih besar dari anda. Mulai dari jutaan, puluhan, ratusan, miliaran hingga triliunan rupiah. Karena itu, kenapa harus terpuruk? Kenapa lesu dan stres? Ingat, Allah selalu bersama anda. Bersama Allah, semua bisa diselesaikan!

Mari kita buktikan kebenarannya.

Ketika anda mengeluh,
“Mana mungkin, hutang segede ini bisa lunas…. “
Allah menjawab: “Jika Aku menghendaki, cukup Aku berkata jadilah, maka jadilah (QS. Yasin : 82)

Ketika anda mengeluh,
“Waduh, letih sekali aku menghadapi masalah ini ….”
Allah menjawab : “…dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat” (QS.An- Naba : 9)

Ketika anda mengeluh ,
“Berat sekali ya masalahnya, nggak sanggup rasanya…”
Allah menjawab :  “Aku tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah : 286)

Ketika anda mengeluh,
“Stres nih, bingung!”
Allah menjawab : “Hanya dengan mengingatKu hati menjadi tenang”. (QS. Ar-Ra’d : 28)

Ketika anda mengeluh , 
“Yah, ini mah bakal sia-sia deh!, saya hanya mampu segini ngerjaiinnya ” 
Allah menjawab : ”Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah pun, niscaya Dia akan melihat balasannya”. (QS. Al- Zalzalah : 7)
Ketika anda mengeluh,
“Saya sendirian, nggak ada seorang pun mau membantuku…”
Allah menjawab : “Berdoalah (mintalah) kepadaKu, niscaya Aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin : 60)
Ketika anda mengeluh, 
“Sedih sekali rasanya…”
 Allah menjawab : “La Tahzan,…Innallaha Ma’ana…  Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”. (QS. At-Taubah : 40)
Ketika anda mengeluh,
“Sulit sekali masalah ini…”
Allah menjawab : “………….Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu” (Q.S. Al-Baqarah : 185)

Karena Allah selalu bersama anda, maka saat anda mengalami masalah, jangan tunjukkan masalah anda ke semua orang yang anda kenal. Jangan tunjukkan wajah lesu anda. Jangan tunjukkan kekusutan pikiran anda. Kalau anda tunjukkan kepada orang lain, belum tentu menyelesaikan masalah tapi bisa jadi menambah masalah baru. Bisa jadi saudara, dan teman-teman malah menjauhi anda. Mereka tidak mau direpotin. Kalau sudah begini, peluang bisnis, dan peluang karir akan semakin jauh dari anda. Karena itu, tetap semangat, dan tetap optimis di hadapan rekan bisnis ataupun rekan kerja. Adukan keluhan-keluhan hanya pada Allah. Kalau anda mau diskusi atau mencari solusi, cari orang yang tepat, orang-orang yang ahli dibidangnya. Jangan adukan masalah anda kepada semua orang yang anda kenal.

Mau manage uang dengan baik dan hutang lunas? baca buku Bebas Hutang Cara Taiichii 

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here